Cara Mudah Membuat Program Komputer Sederhana

Sekarang Blog Jonarendra punya label baru yaitu "Pemrograman". Berhubung mata kuliah saya tentang pemrograman, sekalian saja saya posting informasi-informasi yang saya dapat dikelas. Ini ceritanya saya mendapat tugas untuk membuat program perhitungan aritmatik sederhana.


Dalam dunia pemrograman, kita dituntut untuk bisa memahami rangkaian kode dari sebuah program. Ada berbagai jenis bahasa pemrograman yang bisa dipelajari. Tentunya tidak harus semua bahasa pemrograman tersebut yang harus kita pelajari. Tergantung dari program apa yang akan kita buat. 

Program dibuat untuk membantu kegiatan manusia dalam perhitungan, pengolahan data dan sebagainya. Selain itu, program juga dibuat untuk memanipulasi suatu sistem supaya bekerja sesuai kehendak kita. Jika dijelaskan lebih lanjut mungkin ada ribuan hal yang bisa diciptakan dengan program. Maka dari itu belajar tentang pemrograman menjadi sangat penting mengingat pada jaman ini teknologi digunakan hampir pada setiap bidang. 

Dalam dunia pemrograman saya memang masih baru. Masih pengenalan dan belum lancar jika langsung praktek. Tetapi saya ingin terus belajar dan berlatih supaya mahir membuat program. Berikut ini saya membuat program perhitungan aritmatik sederhana dengan bahasa pemrograman C.

Membuat Program Penghitung Luas Kubus


1. Langkah awal tentunya siapkan alat dan bahannya yaitu PC/Laptop, dan text editor (saya menggunakan notepad).
2. Buat kode program dengan Bahasa C. Pertama kita menentukan variabel yang digunakan. Karena kubus memiliki panjang sisi yang sama, kita gunakan variabel sisi dan luas dengan format integer. Lalu buat operasi aritmatik untuk menghitung luas kubus yaitu sisi x sisi x 6. Sehingga kode programnya seperti dibawah ini
#include <stdio.h>
int main(void){
int sisi,luas;
printf("masukkan nilai sisi: ");
scanf("%d",&sisi);
luas=sisi*sisi*6;
printf("luas=%d\n",luas);
return(0);
}

3. Setelah itu simpan dengan format nama_file.c (karena menggunakan Bahasa C, format file harus .c)
4. Setelah itu, kita harus mengcompile file.c tersebut menjadi file.exe. Saya menggunakan Cygwin seperti ini tampilannya. (Saya anggap Cygwin sudah terinstal di laptop)



5. Jika Cygwin sudah terbuka, arahkan Cygwin ke lokasi tempat menyimpan file.c tersebut. Saya menyimpan di local disk C jadi kita change directory ke C:\. Berikut perintahnya, lalu tekan enter.

cd C:\

6. Lalu masukkan nama folder dengan diawali dengan cd

cd Users

7. Dan seterusnya sampai di folder lokasi file.c.



Untuk melihat file apa saja yang ada di folder tersebut, masukkan perintah

dir



8. Jika sudah melihat nama filenya, baru kita compile dengan kode berikut ini.

gcc luas_kubus.c –o luas_kubus.exe

Terkadang muncul pesan error ketika mengcompile. Perbaiki errornya dan kembali masukkan perintah compile.

9. Jika berhasil akan muncul file.exe



10. Setelah itu baru jalankan file.exe tersebut dengan perintah berikut

./nama_file.exe

Terakhir jalankan program dan selanjutnya masukkan angka lalu tekan enter untuk mengujinya.



Program ini digunakan untuk menghitung luas kubus. Rumus luas kubus adalah 6 x sisi x sisi. Ketika saya masukkan nilai 8, program akan menghitung 6 x 8 x 8 dan hasilnya 384. Begitu pula ketika saya masukkan angka 5, program akan menghitung 6 x 5 x 5 sehingga menampilkan luas=150.

Membuat program sederhana menggunakan Bahasa C memang tidak terlalu sulit asalkan kita tau syntax-syntax dalam Bahasa tersebut. Selain menghitung luas kubus, kita juga bisa memodifikasi kode program tersebut untuk membuat program baru misalnya menghitung volume kubus, volume balok, atau membuat program perhitungan yang lebih rumit seperti aritmatika, konversi suhu dan rumus-rumus fisika.

Sekian informasi dari Blog Jonarendra semoga bermanfaat untuk anda yang sedang belajar programming. Bagi anda yang belum menginstal Cygwin, bisa baca caranya di artikel Blog Jonarendra yang berjudul Cara Instal Cygwin (Compiler) di Laptop Windows

JhonarendraCara Mudah Membuat Program Komputer Sederhana

No comments for "Cara Mudah Membuat Program Komputer Sederhana"